Friday, September 07, 2012

Upgrade/Downgrade Firmware Xperia Menggunakan Flashtool

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Sekarang gue pengen share cara Downgrade/Upgrade Firmware menggunakan FLASHTOOL.
Sebenarnya fungsi dari Flashtool ini bukan cuma bisa untuk Upgrade/Downgrade Firmware, tapi juga bisa untuk memflashing custom kernel, terus bisa juga untuk ngeroot, Unlockbootloader dll. Tapi disini kita hanya bahas sebatas Upgrade atau Downgrade Firmware saja :)
Flashtool ini adalah tool yang hanya bisa digunakan untuk device Xperia, cara ini gue coba di Live With Walkaman dan berhasil 100% dengan cara yang sama yang gue posting, jadi DWYOR!* :)

Oke langsung saja kita kerjakan :)

Pertama tama siapkan dulu Alatnya yaitu flashtool yang bisa kalian download Disini, klik tab Installation lalu pilih dimana anda ingin mendownload.

Setelah Didownload, klik 2x flashtool nya lalu install seperti biasa.

Apabila penginstallan sudah selesai, sekarang pergi ke C:\flashtool\driver , setelah itu akan ada program yang bernama Flashtool-drivers.exe, apabila sudah ketemu, jalankan. Maka akan muncul jendela seperti ini


Klik next lalu Akan ada pilihan komponen, centang semua saja agar berguna untuk nantinya kalian ingin install kernel juga :)


Ketika pada tahap penginstallan , nanti akan ada banyak notifikasi bahwa driver belum ter sertifikasi, Klik yes aja, gapapa kok :)
Setelah tahap penginstallan, copy atau cut firmware yang mau di gunakan ke Folder C:\Flashtool\Firmwares lalu paste didalamnya. Disini gue pengen men-downgrade Firmware yang tadinya .62 menjadi .58


Setelah ter-paste, kita buka aplikasi Flashtoolnya, tampilan awal Flashtool:


Setelah terbuka, klik petir hitam yang ada di kiri atas, lalu pilih Flashmode


Kita memilih Flashmode karena kita hanya ingin flashing ROM, apabila ingin flashing kernel, kita memilih yang fastboot mode.

Setelah kita klik OK, maka akan ada tampilan Firmware mana yang ingin kita flash


Setelah memilih, klik next lalu flashtool akan bersiap2 untuk flashing


Tunggu Sebentar, setelah itu akan keluar jendela seperti ini:


Setelah gambar diatas muncul, ubah dahulu konektivitas kalian ke mode MSC, caranya masuk ke setting di android kalian >> Sony Ericsson >> Konektivitas >> Modus sambungan USB.


Lalu centang juga USB debuging di Setting >> Aplikasi >> Pengembangan

Setelah itu, ikuti langkah ini secara benar dan terurut:

1. Matikan HH Android kalian
2. Colokkan kabel USB ke HH android kalian
3. Tekan Volume Bawah, jangan dilepas, Lalu colokkan kabel USB ke Komputer kalian
4. Jangan dilepas sampai Lampu LED nyala berwarna HIJAU dan Gambar diatas hilang
5. Apabila sudah menyala, boleh dilepas, dan proses Flashing akan berjalan dengan sendirinya.

Apabila Flashing sudah selesai dan berhasil, maka HH kalian akan restart sendiri, tapi apabila tidak restart sendiri, di restart manual aja gapapa :).

Sekian Tutorial Flashing menggunakan Flashtool.

Terima kasih :)
Special Thanks For Bin4ry and Androxyde for this awesome application :)


*Do With Your Own Risk

2 comments:

  1. salam kenal mas adit,, bagaimana ya caranya downgrade sony live with walkman dari ics dgn adroid version 4.0.4 & build number 4.1.B.0.431 ke versi gingerbread lagi seperti semula ya mas.. mohon bantuannnya ya mas,, coz sudah saya search dimana" tp hasilnya nihil mas,, tolong ya mas,, mungkin mas bisa balas ke email saya

    ReplyDelete

Hi!

Terima kasih sudah membaca artikel ini, apabila artikel ini bermanfaat, silahkan share ke teman teman kalian atau blog kalian, tapi jangan lupa sertakan link hidup menuju ke blog ini sebagai sumbernya yaa. (contoh: adityajanata.blogspot.com)