Wednesday, September 05, 2012

Apa Itu Android?

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Kemarin kemarin gue udah sering ngebahas tentang Android, namun rasanya kurang enak kalo kita belum kenalan ama si "Robot Ijo" ini, tak kenal maka tak sayang, mari kita berkenalan dahulu dengan yang namanya "ANDROID", Apa itu Android? :)

Handphone kini sudah menjadi barang yang umum bagi masyarakat tanah air, semenjak kehadiran Smartphone Blackberry di Indonesia, sudah tidak asing lagi melihat remaja sekarang yang menggunakan smartphone. Ada banyak OS yang berjalan diatas smartphone, salah satunya adalah ANDROID.

Android adalah sebuah sistem operasi berbasis kernel linux dan berjalan untuk smartphone dan tablet PC. Android tidak hanya berjalan di 1 vendor saja, tetapi ada banyak vendor yang menggunakan Sistem Operasi ini untuk Smartphone nya seperti Samsung, Sony (yang dulu bernama Sony Ericsson), HTC, Motorolla dan masih banyak lagi, bahkan vendor asal Indonesia ada juga yang menggunakan OS ini seperti IMO.

Yang unik dari OS ini adalah penamaan versi setiap rilisnya menggunakan nama makanan penutup atau desert dan dalam penamaannya juga tidak sembarangan melainkan nama awal versinya urut dalam Alphabet, untuk lebih lengkapnya mari kita lihat versi dibawah:

Android 1.5 (Cupcake)

Dalam versi ini, sudah banyak penambahan fitur dari versi sebelumnya, seperti Youtube, Bluetooth, animasi pada layar, dan keyboard yang disesuaikan oleh sistem.



Android 1.6 (Donut)

Versi donut sudah meningkatkan fitur pencarian yang lebih baik lagi, lalu galeri yang memungkinkan kita memilih foto yang ingin dihapus, awal dari resolusi WVGA.


Android 2.0/2.1 (Eclair)

Eclair dirilis pada 3 Desember 2009, pada versi ini banyak juga perubahan yang dilakukan, seperti Google maps, User Interface dari Browser yang mendukung HTML5, Digital zoom, dukungan flash untuk kamera 3.2 MP dan Bluetooth 2.1.


Android 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)

Dalam versi ini sudah ada dukungan dari Adobe Flash 10.1, dalam kecepatan kinerja juga meningkat 2 sampai 5 kali lipat, adanya V8 Javascript yang digunakan Google Chrome agar lebih cepat dalam proses rendering di Browser, bisa melakukan pemindahan aplikasi ke SDCard, Bisa Tethering (WIFI portabel) dan kemampuan auto update pada Android Market.


Android 2.3 (Gingerbread)

Gingerbread dirilis pada 6 Desember 2010, perubahan yang di lakukan pada versi ini sangat signifikan seperti penambahan kemampuan dalam permainan(Game), sudah mendukung fitur NFC atau Near Field Communication dan dukungan kamera lebih dari 1.


Android 3.0 (Honeycomb)

Honeycomb adalah satu satunya versi android yang dibuat khusus untuk Tablet PC dikarenakan dirancang untuk layar yang lebih besar. Versi ini juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras untuk keperluan grafis.


Android 4.0 (Ice Cream Sandwich)

Ice Cream Sandwich atau ICS ini dirilis pada 19 Oktober 2011 dengan fitur yang hampir sama dengan Honeycomb untuk Smartphone, ICS banyak memperkenalkan fitur terbaru seperti Face Unlock, pencarian email secara offline, perangkat tambahan untuk fotografi, dan berbagi informasi menggunakan teknologi NFC.


Android 4.1 (Jelly Bean)

Jelly Bean diluncurkan membawa beberapa fitur baru seperti input keyboard, desain pencarian, User Interface yang baru dan fitur Voice Search yang cepat dan responsif. Di versi ini juga menandai hadirnya fitur Google Now yang memberikan saran dan rekomendasi berdasarkan data-data yang tersimpan seperti kontak, kalender, lokasi, dan lainnya di smartphone.


Hingga saat ini, penggunaan Versi yang paling banyak diaktifkan masih dipegang oleh Gingerbrad sekitar 63.2% distribusi aktif (April 2012).

Tunggu dulu, tadi katanya penamaan dari Versi Android ini urut dalam Alfabet, lalu kenapa dimulai dari "C" yaitu Cupcake?

Sebelum dirilis, Google sudah mengeluarkan Android Versi 1.0 dan 1.1 yang diberi codename Astro untuk 1.0 dan Bender untuk 1.1, kedua nama tersebut adalah nama robot disamping Android sendiri adalah robot hijau, tetapi nama tersebut tidak digunakan dengan alasan trademark atau merek dagang.

Android 1.0

Sekian penjelasan mengenai android menurut saya, mungkin ada yang salah atau ada yang kurang mohon koreksi nya pada kolom komentar dibawah :)

Terima Kasih.

Special Thanks
http://en.wikipedia.org/wiki/Android_version_history
http://www.infoteknologi.com/selular/apa-itu-android/


http://en.wikipedia.org/wiki/Android_version_history
http://media5.starkinsider.com
http://www.v3.co.uk
http://www.geek.com
http://bencollier.net
http://developer.android.com
http://bimoweb.com
http://cache.gizmodo.com
http://www.gsmdome.com
http://www.bloggers.com

1 comment:

Hi!

Terima kasih sudah membaca artikel ini, apabila artikel ini bermanfaat, silahkan share ke teman teman kalian atau blog kalian, tapi jangan lupa sertakan link hidup menuju ke blog ini sebagai sumbernya yaa. (contoh: adityajanata.blogspot.com)