Sunday, September 30, 2012

Belajar Bahasa Pemrograman COBOL Part 1

Cobol? paan tuh?
Mungkin beberapa dari sekian pembaca blog ini masih merasa aneh sekali mendengar nama itu, soalnya gue sendiri juga baru tahu ada bahasa pemrograman kek gitu pas masuk ke Gundar. Mungkin kampus gue ini mengajarkan bahasa ini agar kita para mahasiswanya tau ada banyak bahasa pemrograman "Level Tinggi" selain Basic, Pascal dll.

Emangnya cobol itu apaan dah?
Nah, Sebelumnya Kita bahas dulu dari sejarahnya. Menurut Bang Wikipedia, COBOL atau kepanjangan dari Common Business Oriented Language adalah bahasa pemrograman generasi ke tiga(Demi apapun gue gak tau apaan yang dimaksud generasi disini -__-", kalo ada yang tau, kasi tau yah di kolom komentar dibawah :)). Bahasa pemrograman ini ditujukan untuk menyelesaikan masalah masalah perdagangan kayak laporan keuangan dan lainnya.
Kalo menurut catetan gue, COBOL itu pertamanya dirilis pada tahun 1959. Lalu dirilis secara formal pada tahun 1960 dan diperbaharui pada tahun 1965.

Terus, keuntungan dari COBOL itu apa?
Ada beberapa keuntungan yang bisa kita ambil, menurut buku catetan gue, keuntungan cobol:
  • Instruksinya dalam bahasa inggris: mudah dipelajari dan dibuat.
  • Sesuai untuk pengolahan data: terutama untuk permasalahan bisnis.
  • Standard: dapat digunakan pada komputer yang berbeda tanpa banyak perbedaan.
  • Struktur program yang jelas.
  • Adanya Listing program.
  • Mudah didokumentasi dan dikembangkan.
Oke lah lanjut, daripada banyak cingcong, kita lanjutkan ke inti dari artikel ini. Artikel ini sengaja gue buat untuk para pemula kayak gue biar gak kesulitan untuk belajar dari awal dalam bahasa pemrograman COBOL ini, soalnya gue juga ngerasain betapa susahnya nyari artikel bahasa indonesia tentang cobol. Termasuk Kompilernya juga lumayan susah :'(

I Know :'(
Lanjut...
Pertama tama, yang harus dimiliki adalah, COMPILER nya. soalnya kalo gak ada compilernya, ya gak jalan dong. :D
Sebenernya sih ada macem macem compiler cobol, ada yang dari fujitsu dan lain lain, tapi disini gue make nya yang MS COBOL soalnya di kampus gue dipakenya kayaknya yang itu deh hehe.

DOWNLOAD COBOL COMPILER

CARA PEMAKAIAN

Ada beberapa langkah untuk bisa menjalankan pemrograman Cobol ini.
Caranya:
  1. Download File diatas.
  2. Setelah di download, extract.
  3. Sebenarnya di dalam file zip itu udah gue taro file .txt buat cara pake nya, tapi disitu gue cuma kasih sekilas aja, mungkin lebih lengkap disini.
  4. Terus Copy Folder 'cobol' yang baru aja di extract dan paste ke C:\ (Terserah sih mau dimana aja, cuman gue naro di C biar gampang aja buat diakses).
  5. Masuk ke folder cobol dan buat sebuah file dengan ekstensi *.COB
  6. Kalau ada yang kurang tahu gimana caranya bikin file .COB , caranya:
    • Klik kanan
    • New -> Text Document

    • Namanya gak usah diganti, biarin aja. Abis itu klik 2x file New Text Documentnya

    • Pas udah masuk, klik File -> Save As

    • Disini, ganti pada kolom "save as type: Text Documents(*txt)" menjadi "All Files"

    • Setelah itu, beri nama, disini gue kasih nama "testing" jadi namanya testing.cob

    • dan kita punya 1 file .cob dengan nama "Testing"

  7. Setelah punya file .COB, kita masuk ke cmd, caranya masuk ke Run (WIN+R), setelah kebuka ketik "cmd" tanpa kutip.
  8. Terus Setelah jendela command prompt terbuka, kita pindah dulu ke direktori cobol yang tadi di paste. Karena gue taro nya di C:\ maka masuk ke C:\cobol


  9. Setelah itu, ketik "edit testing.cob" tanpa kutip untuk masuk keprogram cobol dengan membuat file bernama "testing"


  10. Setelah itu nanti akan ada jendela baru seperti ini


Selamat, sekarang kalian udah bisa buka program cobol sendiri :D
Untuk contoh pemrogramannya mungkin nanti akan gue bahas lagi di postingan selanjutnya. Soalnya udah capek hehe.

Apabila ada kesalahan, tolong temen temen koreksi di kolom komentar, soalnya kan gue juga sama sama masih belajar, wajar dong kalo salah. Hehehe..
Terima Kasih :)

Sumber:
Kahfi Alfarisi Firdaus

Sumber Gambar:
http://pcmuseum.ca
https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSDwxXE7Eh4hVauZW6IT-4T81PeloDSkqCZHyVu6CaqucWlemhK

UPDATE 2 Oktober 2012
Apabila cara diatas terlalu rumit, ada lagi cara untuk membuat file .cob nya langsung dari cmd.
Caranya, misal kita mau bikin file percobaan.cob, nah langsung aja ketik di cmd "edit percobaan.cob" tanpa kutip, nanti ketika muncul jendela cobolnya, ketik apa saja, lalu save, nanti akan muncul file percobaan.cob

UPDATE 27 Juni 2013
Memperbaharui link mati, terima kasih untuk anonim atas laporannya :)

UPDATE 01 Oktober 2016
Memperbaharui link mati, terima kasih untuk Firma Maulida atas laporannya :)

UPDATE 16 November 2019
Memperbaharui link mati, terima kasih untuk Siapalodil atas laporannya :)

Selamat Mencoba :)

11 comments:

  1. Thank you tutorialnya gan, tutorial yang dari kampus pun gak selengkap ini! hehe

    ReplyDelete
  2. gan linknya rusak

    ReplyDelete
  3. @Anonim: link sudah diperbaharui, terima kasih atas laporannya :)

    ReplyDelete
  4. Thanks gan.., :) Jangan Berhenti Berbagi. :D

    ReplyDelete
  5. Gan link download Cobol Compilernya udah gabisa ya? Share lagi dong mas

    ReplyDelete
  6. @Firma Maulida: Link nya sudah saya perbaharui, terima kasih ya sudah melaporkan :)

    ReplyDelete
  7. Compiler bisa menggunakan GnuCobol yang dapat diunduh di http://open-cobol.sourceforge.net/files/GC20base.zip , lalu ekstrak file dan jalankan file setgcglobal.cmd untuk set environment variables. Lalu masuk cmd dan jalankan perintah cobc -x namafile.cbl untuk compile file cobolnya.

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. Hi Siapalodil, thanks laporannya, nanti siang saya akan update lagi ya untuk link compilernya

      Delete
    2. Sudah diupdate linknya, terima kasih atas laporannya.

      Delete

Hi!

Terima kasih sudah membaca artikel ini, apabila artikel ini bermanfaat, silahkan share ke teman teman kalian atau blog kalian, tapi jangan lupa sertakan link hidup menuju ke blog ini sebagai sumbernya yaa. (contoh: adityajanata.blogspot.com)