Thursday, April 21, 2016

4 Cara Untuk Mengetahui Keaslian Sebuah Foto


Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat Pagi.
Hari ini gue mau bahas beberapa cara agar kita bisa mengetahui keaslian sebuah foto. Menurut gue ini sangat penting dizaman sekarang yang apa - apa serba bisa di edit, entah itu foto atau video, yang nanti ujung - ujungnya jadi berita hoax. Tujuannya sih buat ngelakuin tindakan preventif aja, soalnya ditakutkan nanti secara tidak sadar kita ikut - ikutan nyebarin foto hoax yang jadi viral di dumay. So, ada baiknya sebelum kita share sebuah informasi, kita crosscheck terlebih dahulu info tersebut, apakah benar asli atau tidak.

"Ah, diliat aja fotonya, kan keliatan tuh mana foto editan apa nggak"

Yup, foto yang sudah diedit terkadang memang masih bisa terlihat buat yang sudah sering menggunakan aplikasi Photoshop karena tau bagaimana cara kerja trik-nya. Namun, untuk lebih meyakinkan dan menambah bukti argumen kita, ada baiknya kita lihat lagi menggunakan beberapa cara ini ^^

Ok, lanjut.. kita mulai:

1. Menggunakan Image Properties


Cara ini sangat mudah, cukup klik kanan pada gambar yang ingin dicheck, kemudian pilih Properties. Setelah keluar jendela baru, bagi pengguna Windows 7/8/8.1 langsung saja klik Tab Details. Untuk pengguna Windows XP klik tab Summary > Advanced.


Apabila gambar tersebut asli, disana akan terdapat beberapa informasi dari jenis kamera yang digunakan.


Sedangkan untuk gambar yang sudah dilakukan modifikasi sebelumnya, tidak terdapat informasi mengenai jenis dari kamera yang digunakan.


2. Menggunakan Aplikasi JPEGSNOOP


Aplikasi JPEGsnoop ini merupakan aplikasi yang bisa mendeteksi apakah gambar sudah dilakukan manipulasi ataukah original. Aplikasi ini bisa didownload secara gratis Disini.
Cara penggunaanya juga cukup mudah, kalian bisa baca di Blog Anakbanua ini.

3. Upload dan Analisa di Fotoforensics


Ini adalah salah satu situs untuk menganalisa keaslian sebuah foto menggunakan ELA (Error Level Analysis). Kalian bisa kunjungi situs Fotoforensics disini.
Cara penggunaannya juga bisa kalian baca di Blog cara-vis ini.


4. Menggunakan Notepad


Salah satu cara paling mudah lainnya yaitu dengan menggunakan Notepad. Caranya kalian buka notepad, kemudian drag foto yang ingin di cek kedalam tampilan putih di notepad, nanti akan keluar tulisan acak - acakan seperti ini:


Gambar diatas adalah gambar yang sudah pernah di modifikasi menggunakan photoshop. Ditandai dengan adanya tulisan Photoshop di awal - awal tulisan.


Sedangkan dibawah ini adalah gambar yang asli atau original dan belum di edit ataupun di manipulasi.


Yup, sekian artikel 4 Cara Untuk Mengetahui Keaslian Sebuah Foto ini, apabila teman - teman mempunyai tips atau cara lain yang bisa digunakan untuk melihat keaslian sebuah foto, sharing - sharing di kolom komentar dibawah yaa ^^

Special Thanks To:
Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3

2 comments:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete

Hi!

Terima kasih sudah membaca artikel ini, apabila artikel ini bermanfaat, silahkan share ke teman teman kalian atau blog kalian, tapi jangan lupa sertakan link hidup menuju ke blog ini sebagai sumbernya yaa. (contoh: adityajanata.blogspot.com)