Tuesday, July 31, 2012

Review: BelajarDroid[dot]com


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Postingan saya yang satu ini sangat spesial. Kenapa? Karena postingan saya kali ini saya dedikasikan kepada blog http://belajardroid.com dalam rangka mengikuti #BlogReviewContest :)

SEKILAS TENTANG ANDROID
Android, siapa yang tidak kenal dengan Operating System yang satu ini? OS besutan Google ini sekarang sedang booming booming nya di dunia perindustrian mobile phone dan tablet. Salah satu keunikan dari OS Android ini adalah dari codename dari tiap rilis versi terbarunya, karena selalu menggunakan nama Dessert atau manakan penutup dan dalam penamaan codename nya juga selalu urut dalam alphabet. Seperti Android Versi 1.5 diberi nama Cupcake, Versi 1.6 Donut, Versi 2.0/2.1 Eclair, Versi 2.2 Froyo atau Frozen Yoghurt, Versi 2.3 Gingerbread, Versi 3.0 Honeycomb (ini adalah versi khusus untuk Tablet), Versi 4.0 Ice Cream Sandwich dan yang terbaru Versi 4.1 Jelly Bean yang rilis pada tanggal 9 juli lalu. Untuk Versi 1.0 dan 1.1 sendiri dinamai oleh Google yaitu Astro dan Bender, Kedua nama tersebut adalah nama robot, namun karena alasan copyright dan yang lainnya, maka ditetapkan dengan mengganti nama lain untuk versi 1.1 keatas.

BEBERAPA APLIKASI BUATAN ANAK BANGSA

Android Indonesia

Nusantara Beta

Yotomo

Mindtalk
Android sendiri juga merupakan OS yang Terbuka alias Open Source, jadi kita bisa memodifikasi nya sesuka hati, dengan sebuah ketentuan pastinya :)
Banyak developer Indonesia yang sudah ikut serta dalam industri ini, dan banyak juga aplikasi aplikasi android buatan anak bangsa yang sudah terkenal dan mendunia, salah satunya adalah Nusantara Beta (Nusantara Saya), aplikasi yang memperkenalkan budaya serta tempat menarik dan indah yang ada di Indonesia, dan masih banyak lagi aplikasi lainnya yang bermanfaat dan berkualitas buatan anak bangsa.

BELAJAR ANDROID?
Dengan Berkembang pesatnya Operasi Sistem Android ini, maka terciptalah website http://belajardroid.com , yaitu adalah sebuah blog komunitas untuk memperkenalkan kita dengan Android lebih dalam lagi dan sama sama belajar mengenai Android, selain itu, disana kita juga bisa mengetahui trik and tips dari teman teman pengguna Android yang pastinya sangat berguna untuk Handheld(Smartphone atau Tablet) kita.
Disana juga kita bisa melihat lihat Review smartphone dari crew BelajarDroid agar nantinya kita tidak bingung dalam memilih Handheld yang kita inginkan, selain itu juga ada Recomended dari Crew berdasarkan klasifikasi harga, mulai dari low end hingga high end.



KEUNIKANNYA
Nah, yang unik dari website ini adalah kita bisa membuat artikel kita lalu dimasukkan kedalam web itu dan bisa dibaca oleh para pengunjung web BelajarDroid. Wah, dengan kata lain kita bisa sharing pengalaman kita selama menggunakan Android dan juga kita bisa membaca pengalaman orang lain yang menulis di website BelajarDroid!.
Untuk bisa menulis di web tersebut, sebelumnya kita harus Daftar terlebih dahulu, setelah mengisi semua yang ada di form pendaftaran, kalian bisa langsung login. Tapi kalo mau nulis artikel, kita harus baca dahulu FAQ (Frequently Ask Question) yang sudah disediakan, karena apabila tidak memenuhi syarat penulisan, artikel yang sudah kita buat tidak akan di tampilkan di web nya.
Klik gambar untuk melihat FAQ
Jadi, untuk para developer bisa membuat artikel mengenai aplikasi buatannya dan dipromosikan kepada orang banyak yang membacanya sebelum dishare ke Google Play, untuk minta pendapat atau memberitahu bug bug yang ada, manstab kan? :)

Sekian dulu Review dari saya, apabila ada yang salah dalam penulisan, mohon maaf saja, penulisnya juga kan manusia :)

Sumber Gambar: Play Store, BelajarDroid

No comments:

Post a Comment

Hi!

Terima kasih sudah membaca artikel ini, apabila artikel ini bermanfaat, silahkan share ke teman teman kalian atau blog kalian, tapi jangan lupa sertakan link hidup menuju ke blog ini sebagai sumbernya yaa. (contoh: adityajanata.blogspot.com)