Sunday, August 05, 2012

Kelebihan dan Kekurangan Root Android


Selamat siang kawan :)

Kemarin gue udah posting tentang Rooting Live With Walkman, namun kurang lengkap rasanya kalo gak dijelasin Keuntungan dan Kerugiannya rooting :)

Secara umum, Walaupun kegiatan rooting adalah legal (bagi beberapa vendor), mereka tidak langsung memberikan akses Root pada tiap produksi nya dikarenakan anggapan mereka kepada para konsumen semuanya sama yaitu sebatas standard user. Jadi untuk meminimalisir kesalahan seperti kesalahan penghapusan file sistem yang menyebabkan sistem tidak berjalan dengan sempurna, mereka tidak memberikan akses Root secara default.

Lalu, apa sajakah kerugian dan kelebihan Rooting pada device android?
Oke, mari kita bahas satu persatu :)
(gambar bisa diperbesar dengan cara mengklik gambar nya)

KELEBIHAN

1. Melegakan Memori Internal

Untuk yang suka mengoleksi Aplikasi atau game di HH Androidnya, pasti selalu mengalami kendala dimana memori internal hampir penuh. Nah, dengan rooting, kita bisa menginstall Aplikasi dari pihak ke-3 dan memindahkannya ke SDCARD / Memori Eksternal. No more "Eh, kok memori internal gue full sih :(" hehehe.

Before

After, Beda dikit padahal aplikasi tambah banyak :)


2. Menghapus Aplikasi Bawaan Yang Tidak Diperlukan

Apabila kalian merasa sumpek dengan aplikasi aplikasi bawaan yang banyak, namun jarang anda pakai, anda bisa menghapusnya. Namun hati hati!, dalam menghapus file sistem diperlukan rekomendasi dari pihak lain agar tidak terjadi kesalahan! contohnya seperti berdiskusi di suatu forum atau milis. Ingat! Nasib Buruk Akan Selalu Mengikuti Anda!



3. Menggunakan CustomROM

Nah, ini nih yang asik dari android, kita bisa memasang ROM lain yang bukan bawaan dari pabrikannya. Jadi apabila kita ingin merasakan ROM Jelly Bean, namun HH kita tidak disupport, kita bisa menyicipinya dengan customROM, customROM sendiri adalah sebuah ROM yang sudah dimodifikasi oleh para developer, bisa sendiri atau berkelompok. Tetapi biasanya, untuk menggunakan customROM harus sudah di unlock bootloader nya, walaupun ada beberapa yang hanya meminta akses root saja.

FXP-CM9



Buat yang udah UBL sih sebenernya :s

4. Meningkatkan Performa HP / Battry / SDcard

Dengan akses root ini kita bisa meningkatkan performa HH kita dengan berbagai cara, bisa menggunakan Script v6 supercharger, aplkasi Chainfire 3D, hingga Overclocking CPU. Tetapi dalam Overclocking CPU kita harus berhati hati jangan sampai melebihi batas kemampuan HH kita, karena dapat menyebabkan HH kita menjadi Hard Brick! Selain Overclocking, kita juga bisa melakukan Underclocking, yaitu kebalikan dari Overclocking, kita bisa menurunkan performa nya agar batre yang dikonsumsi semakin sedikit dan lebih tahan lama.

Biasanya make aplikasi ini

Tapi, yang cusrom biasanya sudah ada fiturnya


5. Mengganti Font

Hari gini masih pake font bawaan? Hehehe.. Dengan root , kalian bisa melakukan apapun termasuk mengganti Font anda dengan yang lebih keren :) Lumayan buat pamer sama temen :p


6. Melakukan Mod

Mod disini maksudnya modification, jadi kita bisa menambah suatu fitur yang gak ada dari pabrik bawaan nya, seperti quick panel, atau pilihan reboot pada tombol Shutdown, dll. Selain menambah, kita juga bisa memodifikasi dengan mengganti nya, seperti mengganti icon batre yang standard, membuat jam digital menjadi berada di tengah dll.

Quick Panel

Dan masih banyak lagi kelebihan nya, sengaja gak gue posting, soalnya cape, takut puasa nya batal. Astaghfirullah :p

KEKURANGAN

1. Garansi Hilang

Lho? kok? kenapa garansi nya hilang?
Iya, karena apabila anda mempunyai masalah dengan handphone anda, seperti tidak bisa menyala atau layar yang suka mati sendiri, dan membawanya ke service center dengan kondisi HH anda ter-Root. Maka, sudah pasti, klaim garansi anda akan ditolak karena menurutnya kerusakan terjadi karena root anda, padahal sebenarnya tidak.
Namun tidak perlu khawatir, disini gue make kata "Garansi Hilang" bukan tanpa sebab, soalnya rooting ini bisa dibalikin lagi kayak awal, alias di Unroot. :D kalo gak bisa dibalikin lagi namanya "Garansi Hangus" :p
Untuk proses Unroot sendiri juga gampang, cari saja aplikasi nya dan jalankan, setelah itu sebelum membawanya ke service center anda lakukan dulu Factory Reset agar fresh aja gitu. Kalau mau yang gak ada jejaknya, kalian bisa melakukan flashing ulang.


2. Serangan Maleware Yang Riskan

Hmm, gue sendiri sih belum pernah yang namanya kena maleware, mudah mudahan sih jangan sampe, tapi menurut berita berita yang beredar, device android itu lumayan rentan terhadap maleware, jadi apabila HH anda sudah di Root, itu bisa membuat si pembuat malewarenya leluasa mengakses file sistem dari android anda. Sebenernya sih kalo si pembuatnya mau, tanpa harus cari terget yang sudah di rooting juga bisa saja file sistemnya disamperin. Gunakanlah anti-virus untuk mencegahnya, dan jadilah Smart User yang gak langsung main install aplikasi begitu saja tanpa mau tau itu aplikasi apa.


3. Bootloop

Untuk kasus ini, kalo kata temen gue yang namanya Aditya Mirza: "Belum Bootloop, Belum Gaul". Haha.. masa kalo mau gaul harus bootloop dulu.
Bootloop itu adalah dimana kondisi HH kita tidak booting dengan semestinya, jadi ketika hendak masuk ke Homescreen, HH langsung mati dan kembali reboot, dan seperti itu terus. Ada juga yang mengalami "Stuck" pada logo nya. Biasanya itu terjadi karena kesalahan software, dan masih bisa diperbaiki dengan cara Flash ulang. Biasanya itu terjadi apabila ada kesalahan dalam melakukan Flash CustomROM.


4. Brick

Brick disini adalah yang tipe HardBrick, yaitu suatu kondisi dimana HH kita sudah tidak bisa diapa apain lagi. Ya jadi tinggal buat ganjelan pintu aja, atau gantungan kunci juga gpp. Biasanya terjadi karena masalah serius pada hardware, seperti meng-Overclock terlalu berlebihan sehingga hardware rusak dan mati total.

Intinya dalam melakukan apapun di HH Android kita, kita harus selalu waspada terhadap kemungkinan kerusakan yang ditimbulkan, Apabila anda sudah merasa cukup puas dengan fitur Default yang ada di Android, Rooting ini tidak usah dilakukan. Tetapi apabila anda ingin menjadi lebih daripada sekedar user, bergabunglah dengan forum forum yang ada agar anda mengetahui resiko yang akan anda terima, Apakah HH anda akan semakin WAW, ataukah akan menjadi gantungan kunci, itu pilihan anda. Saran saya, sebelum melakukan Rooting ini adalah: Selalu berdoa kepada yang Maha Menciptakan :)

Sekian artikel ini, apabila ada kekurangan, bisa kasih tau gue di kolom komentar, nanti postingan ini akan gue perbaharui. Terima kasih :)

13 comments:

  1. gan mau tanya, punya ane mau di unroot eh malah file unroot.zip nya gak bisa di pindahin ke sdcard, itu knp ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Download pke opera aja....kan biasanya lewat opera ada pilihan untuk menyimpan file yg mau kita download

      Delete
  2. @Bryan Gerald: gak bisa dipindahin gimana gan? seharusnya setiap file bisa dipindahin ke sdcard..

    ReplyDelete
  3. gini loh gan, kan ane mau unroot ni ya , nah udah donlod filenya . tpi kudu dipindah kan file unroot.zip ke sdcard, nah ane move itu filenya dari folder 'download' ke sdcard, malah moving failed, itu knp gan ?

    ReplyDelete
  4. @Bryan Gerald: agan mindahinnya lewat mana? komputer apa HH? kalo lewat HH Coba di pindahin nya lewat komputer.

    ReplyDelete
  5. oke gan, udah jadi :) thx yaa
    ini gw mau nanya gan, ada cara buat upgrade gingerbread ke ics gk ? hp ane samsung y duos. mohon dibantu ya

    ReplyDelete
  6. @Bryan Gerald: Oke sama sama :-)
    banyak gan caranya, bisa pake odin atau kies.. terserah agan mau pilih yang mana. Gabung aja sama grup2 samsung y duos di FB untuk cara detailnya :)

    ReplyDelete
  7. Hanya orang yang ingin merasakan kebebasan dan keleluasan yg berani root android #saya

    ReplyDelete
  8. Jadi ngeri, kemaren nginstall mobo aja crash jadi bingung setengah modar hahaha. Soalnya satu2nya alat komunikasi gw selama di Jepang cuman tablet ini doang.

    ReplyDelete

Hi!

Terima kasih sudah membaca artikel ini, apabila artikel ini bermanfaat, silahkan share ke teman teman kalian atau blog kalian, tapi jangan lupa sertakan link hidup menuju ke blog ini sebagai sumbernya yaa. (contoh: adityajanata.blogspot.com)