Friday, August 10, 2012

[VIVA.co.id] 'Wajah' Berganti, Namun Selalu Tetap Di Hati

VIVAnews.com, hayo disini siapa yang gak tau situs ini? semua pasti tau kan. VIVAnews adalah sebuah portal yang selalu memberikan kita berita-berita ter-update mengenai kejadian-kejadian seputar dalam dan luar negeri ini. Dengan berita yang ter-aktual dan selalu diperbaharui setiap jam nya, kita bisa mendapatkan lebih dari sekedar informasi.

Namun, tau kah teman-teman bahwa VIVAnews sekarang berganti domain yang tadinya bernama vivanews.com menjadi viva.co.id? Tetapi tidak hanya berganti domain, VIVAnews juga merubah 'wajah' nya menjadi lebih simple dan mencakup seluruh isi nya.

Apa sajakah yang menarik dalam 'wajah' yang baru dari VIVAnews ini? Mari kita Review dari segi konten yang disediakannya :)

PORTAL VIVA.CO.ID

Ini adalah halaman utama ketika kita membuka URL viva.co.id. Dari sini kita bisa melihat headline news atau berita utama dari tiap tiap kategori yang ada, seperti konten dari VIVAnews, VIVAlog, VIVAlife, VIVAbola, VIVAforum dan VIVAsocio. Kita akan sedikit me-review tentang kategori kategori tersebut dan sub-kategori nya :)

VIVAnews

Di kategori ini, kita dapat melihat berita berita teraktual dan menarik yang ada di dalam maupun luar negeri ini. Konten yang disediakannya juga cukup menarik, mulai dari segi penulisan yang dapat dimengerti, walaupun kadang suka ada typo (salah ketik) dikit hehe.. Juga penempatan gambar dan penjelasan mengenai gambar yang menurut saya sudah cukup nyaman dilihat. Selain itu, ada 11 sub-kategori yang terdapat dalam kategori ini, yaitu:

Politik: http://politik.news.viva.co.id/
Bisnis: http://bisnis.news.viva.co.id/
Nasional: http://nasional.news.viva.co.id/
Metro: http://metro.news.viva.co.id/
Dunia: http://dunia.news.viva.co.id/
Sainstek: http://teknologi.news.viva.co.id/
Sport: http://sport.news.viva.co.id/
Otomotif: http://otomotif.news.viva.co.id/
Sorot: http://sorot.news.viva.co.id/
Wawancara: http://analisis.news.viva.co.id/
Fokus: http://fokus.news.viva.co.id/

Masing masing sub-kategori terdapat jenis berita yang berbeda, jadi sangat memudahkan pembaca dalam mencari berita yang diinginkan untuk dibaca.

VIVAbola

Ini nih, buat para pecinta sepakbola tanah air ataupun internasional, disini tempat asik buat nongkrong nya. Karena konten yang disediakan menurut saya sudah cukup lengkap. Ketika kita membuka portal ini, kita sudah langsung disuguhi dengan jadwal pertandingan yang akan berlangsung dalam waktu dekat ini.


selain jadwal, disini juga kita bisa tahu klasemen sementara dari liga yang tersedia, seperti Liga Spanyol, Liga Italia, Liga Inggris, Liga Super Indonesia dan yang lainnya.


pokoknya masih banyak lagi deh konten konten yang asik untuk para pecinta sepakbola. Ada lagi nih konten yang diberi nama "KOMUNITAS TIM TERPOPULER", disana ada beberapa tim yang populer dan banyak penggemarnya, ketika kita mengklik sebuah club, kita bisa dapat informasi seputar club tersebut. Seperti Profil Pemain beserta biografinya, News Update hingga Galeri Foto. Menarik bukan? :)


VIVAbola memiliki 7 sub-kategori, yaitu:

News: http://bola.viva.co.id/news
Tim: http://bola.viva.co.id/team
Klasemen: http://bola.viva.co.id/standings
Live Score: http://bola.viva.co.id/livescore
Statistik: http://bola.viva.co.id/statistic
Video: http://bola.viva.co.id/video
Foto: http://bola.viva.co.id/foto

VIVAlife

Sesuai dengan namanya, kategori ini lebih cenderung ke-seputar kehidupan dan gaya hidup masa kini, kita bisa mendapatkan informasi mulai dari gaya hidup selebritis, hingga pengetahuan umum seputar pola hidup. Penataan beritanya juga simple jadi memudahkan para pembaca dalam mencari informasi yang diperlukan.
Di VIVAlife ini ada 1 konten yang dinamakan "EDITOR'S CHOICE" dimana kita bisa membaca artikel yang menarik menurut editor VIVAlife ini.


VIVAlife memiliki 8 sub-kategori yang menarik, yaitu:

Style: http://life.viva.co.id/style
Showbiz: http://life.viva.co.id/showbiz
Food + Living: http://life.viva.co.id/food_and_living
Travel: http://life.viva.co.id/travel
Heath + Sex: http://life.viva.co.id/health_and_sex
Video: http://life.viva.co.id/video
Foto: http://life.viva.co.id/foto
Community: http://life.viva.co.id/community

VIVAlog

Buat temen temen yang suka melakukan aktivitas blogging dirumah ataupun di kantor, temen temen bisa nih gabung di komunitas VIVAlog (atau Vlog) ini, dimana artikel yang dikirim ke Vlog ini nantinya akan diposting di situs http://log.viva.co.id, asalkan sesuai dengan persyaratan, yang pasti tulisan harus orisinil buatan sendiri, tidak boleh meng-copas atau copy-paste tulisan orang lain. Apabila temen temen mau ngirim artikel blog nya, kita harus daftar terlebih dahulu untuk menjadi member dari VIVA.co.id agar bisa mengakses seluruh portal dan konten yang diberikan, asik kan? :)


Saya seneng mampir ke Vlog ini karena ada banyak berita yang unik dan sangat menarik dari temen temen sesama blogger. Jadi, informasi bisa datang dari siapa saja dan kapan saja, itu bukan isapan jempol belaka :)

Di VIVAlog ini, ada sekitar 11 sub-kategori, yaitu ada:
Entertainment: http://log.news.viva.co.id/entertainment/
Lifestyle: http://log.news.viva.co.id/lifestyle
Otomotif: http://log.news.viva.co.id/otomotif
Sport: http://log.news.viva.co.id/sport
Dunia: http://log.news.viva.co.id/dunia
Ekonomi: http://log.news.viva.co.id/ekonomi
Politik: http://log.news.viva.co.id/politik
Wisata: http://log.news.viva.co.id/wisata
Sosial: http://log.news.viva.co.id/sosial
Budaya: http://log.news.viva.co.id/budaya
Teknologi: http://log.news.viva.co.id/teknologi

VIVAforum

Nah, disini tempatnya buat temen temen yang suka berinteraksi dengan sesama member VIVA.co.id. Seperti yang sudah kita ketahui, forum itu sederhananya adalah tempat untuk berdiskusi, mengenai suatu atau beberapa hal. Konten yang disediakan disini sudah sangat menarik, seperti dibagi-baginya jenis dari forum tersebut, buat yang mau mempromosikan barang dagangannya atau ingin membeli sesuatu, disini ada Forum Jual-Beli, apabila mencari sebuah artikel menarik yang masih segar, bisa ke Forum Aneh dan Lucu, ada banyak kategori forum yang bisa kita jelajahi :)


Untuk mengunjungi portal ini, bisa melalui halaman utama http://viva.co.id atau juga bisa lewat http://forum.viva.co.id

VIVAsocio

VIVAsocio ini adalah semacam Jejaring sosial milik VIVA. Disini kita bisa memnulis status yang nanti bisa dibaca oleh semua member VIVA.


Konten yang disediakan disini selain kita bisa "bersuara", juga kita bisa mempromosikan barang jualan kita di konten yang diberi nama "COMMERCE", selain Forum Jual Beli, disini juga kita bisa mendapatkan barang yang kita mau tanpa harus capek capek ke toko untuk mencari barang yang kita cari :)


Walaupun ada banyak kategori kategori yang ada, namun tidak masalah dikarenakan sudah ada beberapa navigasi diatas untuk mempermudah pembaca dalam mencari artikel yang ingin dibacanya, saya juga sebagai konsumen sudah sangat puas dengan perubahan yang dilakukan oleh VIVAnews, selain tampilannya yang tidak terlalu rumit, loading page nya juga menjadi ringan jadi lebih cepat dalam membuka sebuah artikel yang diinginkan. Terlebih lagi disetiap akhir page, selalu ada "Jelajah Portal Viva" yang memudahkan pembaca untuk mencari lagi berita yang menarik yang ada di http://viva.co.id :)
Walaupun domain dan tampilan berganti, namun isi dan konten konten yang disediakan akan selalu dihati.

Sukses terus VIVA.co.id, jadikan bangsa ini menjadi bangsa yang cerdas dengan informasi-informasi yang teraktual dari VIVA.co.id :)



Terima Kasih :)

Sumber gambar:
VIVAnews     VIVAlog
VIVAbola     VIVAforum
VIVAlife     VIVAsocio

1 comment:

Hi!

Terima kasih sudah membaca artikel ini, apabila artikel ini bermanfaat, silahkan share ke teman teman kalian atau blog kalian, tapi jangan lupa sertakan link hidup menuju ke blog ini sebagai sumbernya yaa. (contoh: adityajanata.blogspot.com)