Tuesday, July 09, 2013

Pengalaman Ikut Test Asisten Laboratorium Sistem Informasi

Assalamualaikum Wr. Wb.

Apa kabarnya nih?
Udah 1 bulan ini blog kagak ada postingan sama sekali haha, oke untuk postingan perdana di bulan ini, gue mau cerita cerita aja tentang pengalaman gue waktu kemarin ikut test open recruitment asisten laboratorium sistem informasi (LabSI) 2013/2014 di Universitas Gunadarma Kalimalang.

Berawal dari kakak kakak labSI yang ngebagiin brosur open recruitment (oprec / oprek) ke si Amrin Sang Ketua Kelas.


Waktu itu kita lagi pada belajar bareng kalo gak salah, soalnya waktu itu lagi minggu minggu UTS, jadi ritual dikelas tuh kalo tiap mau UTS atau UAS, di wajibkan mengadakan BRB alias BelajaR Bareng 1 hari sebelum ujian dimulai, hahaha. Pas udah dikasihin, dikelas ternyata cuma ada 4 orang yang tertarik buat ikutan test, yaitu: Gue, Amrin, Winny sama Ria


Juni 2013.

Gue lupa tanggal berapa, waktu itu gue sama amrin naro duluan CV sama Lamarannya ke ruang labSI J1517. Waktu itu baru ada 7 orang yang daftar, termasuk gue sama amrin. Beberapa hari kemudian si winny daftar sama temennya, namanya Sarah. Temen gue juga sih waktu kelas 1 hehehe. Kata kakak yang nerima CV sama Lamaran gue, katanya "nanti di SMS lagi ya". Oke dehh..


Rabu, 3 Juli 2013.

Pagi pagi waktu itu gue inget banget lagi ngebaca bacain blognya dea, hahaha. Pas lagi asik asik baca, tiba tiba dapet sms kayak gini.


Pertama baca sih biasa aja, tapi pas liat tanggalnya gue shock!. Hari ini kita dikasih tau, hari ini juga kita harus dateng. Kenapa gak dari kemarin kemarin aja ya dikabarinnya biar kita siap -_-
Tapi it's okay, waktu itu gue langsung nanya sama Amrin ama wini mereka dapet apa ngga, ternyata dapet juga. Oiya, si Ria gak jadi daftar gara gara udah telat ngasih CV nya, lagian sih disuruh buru buru malah ntar ntaran -_- . Terus kita janjian deh berangkat jam 3 dari rumah buat ke J1.

Pas udah sampe di J1. Kita langsung ke ruang Lab J15A, ternyata yang daftar lumayan banyak dari kalimalang, ada sekitar 43 orang yang daftar, walaupun ada beberapa orang yang gak dateng, termasuk si sarah.

Di dalem ruangan, kita disambut oleh mbak wied, salah satu staff di labSI sebagai penanggung jawab jalannya praktikum labSI di Universitas Gunadarma Kalimalang. Acara pada saat itu adalah Technical Meeting untuk menjelaskan proses test nya. Ternyata test nya diadakan Besok!, waduh pikir gue, udah gak ada waktu buat belajar banyak nih.

Test nya diadakan 2 hari, hari pertama yaitu test pemrograman, dan yang hari kedua test tutorial & interview. Untuk pemrograman kan ada 4 materinya, C++, Pascal, Excel Macro sama Latex. Nah tiap orang dikasih 2 materi, antara dapet C++ / Pascal sama Latex / Excel Macro. Alhamdulillah banget waktu di bagiin materi nya gue dapet C++ sama Latex, jadi masih inget inget lah dikit haha..



Kamis, 4 Juli 2013

Oke hari hari yang ditunggu telah tiba, gue sama amrin sama wini janjian dateng ke gundar sekitar abis dzuhur, tapi gue baru dateng jam 1 hahaha, gara gara ada apa gitu lupa :p
Pas gue udah sampe gundar, disitu udah ada amrin, wini sama temennya amrin namanya chyntia. Dia juga ikut daftar labSI. Pas udah belajar kilat, sekitar jam 16.35 kita ke lantai 5 untuk nunggu test. Test nya diadakan di 2 tempat, yaitu ruang J15A sama J15B. Untuk yang absen 1 - tengah itu di J15A, untuk yang tengah - 43 itu di J15B. Karena nama gue dari A, jadi gue dapet nomor urut 2.

Pertama test pemrograman C++, disitu soalnya ada di komputer masing masing, ada 4 tipe, dan gue kebagian tipe ke 4. Mau tau gimana soalnya? PM gue aja haha.. yang jelas soal nya ada 1 beranak 3 :D. Soal nya kalo menurut gue itu susah susah gampang, nomor 3 susah, nomor 2 susah, nomor 1 gampang hehehe.
Selesai test pemrograman, abis itu break solat maghrib, terus dilanjutin test Latex.
Kalo latex untuk kerangkanya gue gak ada masalah, bermasalah di hias hiasannya aja. Tapi yang bermasalah itu sebelah gue, si amrin. Gue kaget pas nengok ke kanan muka si amrin udah kayak gini


Hahaha, pas gue tanya kenapa lu?, kata dia ini lemot banget komputernya. Pas gue liat sih iya lama banget nge jalanin programnya. Kata dia ampe setengah menit sendiri buat nge running doang. Jadi keabisan waktunya. Eh tapi kata dia lagi, pas udah mau abis waktunya dia nyoba lagi bikin baru, ternyata cepet gak lemot kayak tadi. Yaampuun sabar saja ya nak..


Jum'at, 5 Juli 2013

Hari ini, bertepatan dengan Anniversary gue yang ke 1,5 Tahun sama cewek gue. Haha, gak kerasa banget. Paginya gue kuliah seperti biasa di J3, kira kira pas udah jam 3 kita berangkat dari J3 ke J1, tapi gue ngga, gue mau ketemuan dulu sama cewek gue, soalnya besok dia mau pergi ke puncak ada acara makrab (malam keakraban) yang diadain sama Lab Manajemen Menengah (mamen). Kebetulan dia juga baru keterima jadi asisten di lab mamen.
Pas udah ketemuan, gue langsung ke J1, soalnya anak anak udah pada nungguin, jam 16.59 gue udah di lantai 5.

Sekarang test tutorial dan interview, untuk test tutorial kita disuruh jadi tutor materi yang kemarin di jadiin soal test pemrograman, jadi yang dapet materi C++, dia tutorin C++, yang dapet pascal dia tutorin pascal.

Untuk sambil menunggu giliran, kita dikasih surat kontrak (kata kakaknya sih gitu) dan disuruh isi sejujur mungkin dan jangan nyontek. Tapi, karena gue nomor urut 2, dipanggilah gue pertama untuk ke ruang J15A sama 1 orang lagi namanya Adi kalo gak salah yang nomor urut 1, dia juga gue kenal waktu gue nyoba test di lab mamen, tapi kita berdua belum beruntung haha..

Oke gue mulai masuk, deg degan juga sih dan agak grogi ngejelasin ke kakaknya tentang materi gue, soalnya baru pertama kali ngejelasin kayak gini, dan gue orang nya emang agak pemalu jadi ya grogi aja haha..
Setelah ngetutorin, gue nunggu lama untuk ngelanjutin test interview.. Pas wini udah interview, gue nanya nanya kan ditanya apa aja. Jadi yang nomor urut 1 - tengah itu tutorial duluan, terus dari tengah - 43 itu interview di ruang staff.

Gue kembali ngisi surat kontraknya. Pas udah ditunggu tunggu akhirnya gue dipanggil untuk interview sambil bawa surat kontraknya. Walaupun gak se deg degan waktu nge tutor, soalnya gue udah pernah beberapa kali interview hehehe. Disitu gue ditanya tanya tentang loyalitas kah gue nantinya di lab, dsb.
Setelah test interview selesai, gue nyerahin name tag gue ke kakak yang jaga dan name tag gue udah semuanya ditanda tanganin tiap tiap test. Dan sudah full tanda tangan, yeeey :D


Abis itu, kita pulang, soalnya pengumuman selanjutnya bakal di SMS untuk yang lulus.


Sabtu, 6 Juli 2013

Hari yang mendebarkan tiba (lebay), sebenernya biasa aja sih, gak ada perasaan yang menggebu gebu. Soalnya takut gak keterima, galau dah hahaha.. Hari sabtu gue kuliah biasa di J3. Waktu itu si wini gak masuk gara gara males katanya, airnya dingin jadi males mandi (udah kayak kucing aje takut air). Waktu itu pas pelajaran bu ira, matakuliah Teknik Pemrograman Terstruktur(TPT) si amrin disuruh beli coklat 50 biji buat dikasih ke anak anak (Kurang baik apa coba bu ira? :D) terus ngajak gue beli. Oke aja sih gue mah. Pas lagi ditengah perjalanan beli coklat, gue dapet sms dari labSI yang isinya gini


Waaa.. Gue seneng banget akhirnya gue di terima juga di labSI :D
Pas ditengah jalan, si amrin juga dapet sms yang isinya sama, makin seneng aja gue soalnya temen gue juga keterima. Terus kita coba hubingin winny. Dia juga keterima haha asik asik.. Perjuangan kita bertiga ternyata membuahkan hasil :D

Jam 3 kita udah disana, ternyata dari 43 orang yang daftar, yang diterima cuma ada 27 orang. Pas di sana kita disuruh tanda tangan kontrak yang waktu itu dibagiin untuk meng-sah-kan kita sebagai Asisten Baru Laboratorium Sistem Informasi 2013/2014 :)

Kata mbak wied, mulai sekarang harus lebih berwibawa dan gak boleh takut untuk bicara di depan, oke gue bakalan berusaha untuk coba seperti itu :D
Sekarang break dulu puasa, tinggal nunggu training deh nanti abis lebaran katanya. Hehe jadi gak sabar :)

Sekian cerita gue, ya mungkin nanti bakalan ada lagi cerita tentang LabSI di label LabSI, stay tune aja ya hehehe. Karena bentar lagi mau puasa, jadi gue selaku admin diblog ini mengucapkan mohon maaf lahir dan batin ya apabila di blog ini ada kata kata yang menyinggung atau merugikan kalian :)


Sumber Gambar:
http://i1050.photobucket.com/albums/s401/enccu/IMG_zps549567f9.jpg
http://i1.ytimg.com/vi/lTule38Zlvk/hqdefault.jpg

4 comments:

  1. nostalgia bgt bacanya, nggak pernah g ngakak gue baca ini wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anjay gue baru liat komentar lu wkwkwk
      Mengenang masa lalu ye mrin wkwk gw jg kadang masih suka baca lagi, suka ngakak apalagi pas inget muka lu waktu itu ngerjain latex wkwk

      Delete

Hi!

Terima kasih sudah membaca artikel ini, apabila artikel ini bermanfaat, silahkan share ke teman teman kalian atau blog kalian, tapi jangan lupa sertakan link hidup menuju ke blog ini sebagai sumbernya yaa. (contoh: adityajanata.blogspot.com)