Saturday, August 03, 2013

Review: Pokemon Omega


Assalamu'alaikum wr. wb.
Apa kabar teman teman? mudah mudahan baik ya :)
Karena sebentar lagi mau lebaran, gue sebagai admin di blog ini ingin mengucapkan minal aidzin walfaidzin, mohon maaf lahir dan batin ya :)
Maafin kalau ada salah salah kata yang pernah gue lakuin di postingan ataupun di komentar :)

Oke, lanjut ke postingan utama, sekarang gue mau ngereview sebuah game berbasis web nih. Game ini sangat direkomendasikan untuk para pecinta pokemon, namanya adalah Pokemon Omega dan dapat di akses di http://pokemonomega.com tanpa harus download atau install apapun karena ini adalah game web-base.

Apa sih Pokemon Omega itu?

Dikutip dari websitenya:
Pokemon Omega adalah permainan pokemon online gratis, di mana kamu dapat menjelajahi dunia, berburu Pokemon liar, mengumpulkan tim dan lain lain. (Game)ini dikembangkan oleh Quil, Wuggles, (Grovyle) dan Mrn sejak Juni 2009. (Game)ini masih dalam proses pengembangan, sehingga saat kamu sedang bermain game, sering akan ada lokasi baru, pokemon baru dan fitur baru untuk kamu agar (permainan) lebih menyenangkan. Kami akan memberitahu kamu ketika akan ada update di Pokémon Omega, jadi bersiap siaplah (untuk) kagum!
Dengan kata lain, pokemon omega masih dalam tahap uji coba atau tahap beta. Hingga tulisan ini dibuat, pokemon omega sudah dalam tahap beta 3.4. Sehingga nanti akan ada beberapa pokemon baru yang akan dirilis hingga versi finalnya. Pokemon Omega biasanya diupdate 1 bulan sekali.

Gue mau main! Gimana caranya?
Pertama kalian harus register terlebih dahulu, setelah itu masukkan nickname, password, karakter dan pokemon starter yang kalian suka.
Ingat! Nickname dan karakter tidak bisa diubah, jadi sebelum kalian melanjutkannya, pastikan dahulu agar tidak jadi kesalahan.
Setelah itu kalian memasukkan alamat email untuk kebutuhan verifikasi, apabila kalian tidak memverifikasi email, karakter kalian akan dihapus 3 hari setelah pendaftaran.
Pokemon starter di pokemon omega ada 12, jadi ada 3 pokemon dari 4 generasi.
Daftar pokemon starter di pokemon omega:


Gen Rumput Api Air
1 Bulbasaur Charmander Squirtle
2 Chikorita Cyndaquil Totodile
3 Treecko Torchic Mudkip
4 Turtwig Chimcar Piplup

Fitur yang disediakan oleh pokemon omega sebenarnya ada banyak, tapi disini gue mau ngereview beberapa saja, sisanya kalian yang merasakannya :)

Dalam pokemon omega kita bisa melihat semua pokemon yang ada di sana melalui pokedex.


Sampai saat ini sudah ada sekitar 649 pokemon yang ada pada database pokedex. Disana tertera stats beserta move nya masing masing.


Pokemon omega ini adalah game pokemon online pertama yang terhubung dengan data official pokemon. Jadi kita gak cuma hanya ngeliat tipe dari pokemon nya aja, melainkan bisa melihat IV (Individual Value) serta nature nya. Bisa saja charmander lvl 25 dengan IV baik dan nature baik, menang melawan squirtle lvl 26 tetapi IV yang jelek dan nature yang kurang pas, sedangkan yang kita ketahui api itu kalah dengan air.

Selain itu, Pokemon omega juga memiliki fitur trade, jadi kita bisa bertukar pokemon dengan trainer yang lain.



Gimana? Seru kan :D
Pokemonn omega ini juga dibuat menggunakan pemrograman AJAX-techniques, jadi lebih cepat dan tanpa perlu merefresh browser.

Fitur selanjutnya adalah fitur PVP atau Player vs Player, dimana kita secara live battle bisa bertarung melawan pokemon player lain yang sedang online.



Dan nanti record nya akan tercatat di player info kita sudah bertarung melawan siapa saja. Berhubung gue sendiri belum pernah nyoba live battle, jadi recordnya belum ada hehe.

Untuk gameplay nya, hampir mirip dengan yang ada di Gameboy Advance, jadi buat yang suka main menggunakan GBA nya, gue rasa ga bakalan nemu hal yang sulit dalam memainkannya :)



dan ada banyak map yang bisa dijelajahi


Tiap map kalian akan menemui berbagai macam pokemon berbeda dengan level yang berbeda pula, jadi sering sering latih pokemon nya ya :D

Oke deh, sekian dulu deh review nya, sebenarnya masih banyak fitur lainnya, seperti quest, badges, battle mansion, clan, achievement dll. Tapi lebih baik kalian coba sendiri aja ya biar tau sendiri :D
Kalo ada yang mau masuk ke clan gue juga bisa, haha. PM gue aja di game, username gue: adityajanata oke :D

Terima kasih atas perhatiannya, sampai berjumpa di game :)

UPDATE : 04 September 2015

Sayang sangat disayangkan, game pokemon omega ini sudah di hapus dikarenakan nama pokemon omega dipakai oleh Pokemon dari Nintendo dengan nama Pokemon Omega Ruby. Tapi apabila teman teman ada yang masih ingin bermain pokemon online bisa mencoba Pokemon Revolution Online. Selamat mencoba.


Sumber:
Pokemon Omega
sprites.pokecheck.org

2 comments:

  1. What you're saying is completely true. I know that everybody must say the same thing, but I just think that you put it in a way that everyone can understand. I'm sure you'll reach so many people with what you've got to say.

    ReplyDelete
  2. I am extremely impressed along with your writing abilities, Thanks for this great share.

    ReplyDelete

Hi!

Terima kasih sudah membaca artikel ini, apabila artikel ini bermanfaat, silahkan share ke teman teman kalian atau blog kalian, tapi jangan lupa sertakan link hidup menuju ke blog ini sebagai sumbernya yaa. (contoh: adityajanata.blogspot.com)