Friday, November 13, 2015

Membuat Gambar GIF Sederhana #1


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Apa kabar teman teman? wahh udah lama banget gue gak bikin postingan, udah sampe lebih dari 1 tahun! wow. Sedih juga rasanya, mau kembali ke dunia blogging seperti dulu.
Banyak hal terjadi di dunia nyata gue sehingga blog ini harus terbengkalai seperti ini huhu :'(
Baiklah, di waktu yang berharga ini, gue sekarang mau sharing tentang bagaimana cara membuat sebuah gambar gif sederhana menggunakan photoshop.


Photoshop yang gue pake disini adalah Photoshop CS3, jadi untuk versi Creative Suite yang lainnya gue ga tau sama apa nggak peletakan shortcut dan konsepnya. Dicoba sendiri yaa :D

Langsung aja ke topik utamanya.
Disini kita akan membuat gambar bergerak dari warna hitam ke warna putih.
Pertama tama buatlah sebuah gambar baru dengan menekan tombol File >> New kemudian isi width dan height nya sesuai dengan keinginan, disini gue kasih contohnya seperti gambar dibawah ini:


Ingat, ini hanya contoh, jadi tidak mutlak harus seperti ini. Coba dikreasikan sendiri se kreatif kalian.
Setelah itu buat layer baru dengan menekan tombol yang ada di pojok kanan bawah. Lalu, pilih paint bucket tool, pilih warna hitam dan kemudian klik di layer baru yang telah dibuat.


Setelah layer baru kita sudah berwarna hitam, langkah selanjutnya buka Menu Window >> Animation.


Baiklah, jendela animation sudah terbuka, sekarang kita akan mencoba membuat animasi merubah warna hitam menjadi putih di jendela ini.

Pada jendela Animation, ada 1 frame disebelah kiri menapilkan layer warna hitam yang sudah kita buat tadi. Sekarang klik Duplicate frame yang ada di bawah jendela Frame.


Kemudian ubah Opacity pada Layer 1 menjadi 0%.


Maka secara otomatis frame ke 2 pada jendela Animation akan berubah menjadi putih. Warna putih itu didapat dari warna Backgroundnya.


Setelah itu, klik Tweens Animation Frames yang ada dibawah sebelah duplicate frame.


Masukkan berapa banyak tweens yang ingin ditampilkan, semakin besar angkanya, semakin lama pula waktu berubah warna dari hitam ke putihnya. Disini gue masukkin angka 30 dengan kata lain akan membuat 30 Frame baru ditengah antara Frame 1 (Warna hitam) dan Frame 2 (Warna hitam yang di transparankan).


Lalu jalankan, maka hasilnya akan menjadi seperti ini.


Cukup Mudah bukan?
Kalau bisa dikreasikan lagi yaa sesuai imajinasi kalian masing - masing, gue yakin kalian pasti lebih hebat daripada gue mengenai hal itu. Hasil lain membuat GIF sendiri :


Semoga artikel ini dapat membantu teman - teman yang ingin belajar membuat animasi GIF sendiri.
Apabila ada pertanyaan, tanyakan saja di kolom komentar dibawah ini yaa.
Terima Kasih.

1 comment:

Hi!

Terima kasih sudah membaca artikel ini, apabila artikel ini bermanfaat, silahkan share ke teman teman kalian atau blog kalian, tapi jangan lupa sertakan link hidup menuju ke blog ini sebagai sumbernya yaa. (contoh: adityajanata.blogspot.com)